Minggu, 14 Juli 2013

Pengetahuan Ilmu Ekonomi Makro

Hal pertama yang harus kita sadari bila kita berbicara tentang ilmu ekonomi adalah kompleksitasnya. Karena memang pada dasarnya ilmu ekonomi adalah sesuatu yang jauh dari kata sederhana. Banyak sekali faktor yang terkait di dalamnya, dimana semuanya harus dipertimbangkan dan diperhitungkan.
Manusia sebagai mahluk ekonomi (homo economicus) memiliki kecenderungan untuk tidak pernah merasa puas akan apa yang telah diperolehnya dan senantiasa berusaha terus untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan selalu mempertimbangkan perngorbanan dan manfaat dari tindakan yang dilakukan. Sehingga penting bagi manusia untuk mengetahui tentang ilmu ekonomi yang berkaitan erat dengan aktivitas manusia.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi ilmu ekonomi menurut beberapa ahli:

# ADAM SMITH
Ilmu ekonomi secara sistemtis  mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbats guna mencapai tujuan tertentu


# ALFRED MARSHALL
Ilmu ekonomis adalah ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia sehari-hari


# PAUL A SAMUELSON
Ilmu ekonomi adalah ilmu pilihan, ilmu ini mempelajari bagaimana orang memilih menggunakan sumber produksi yang langka atau terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya ke berbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsi


# VON NEUMANN dan MORGENSTERN
Ilmu ekonomi adalah disiplin ilmu yang sayang sekali bila tidak diperlakukan secara tidak ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menghadapi masalah-masalah mendesak zaman itu


# M. MANULANG
Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik barang-barang maupun jasa)


# LIPSEY
Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuha manusia yang tidak terbatas


# ALFRED W
Ilmu ekonomi dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu ilmu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ilmu ekonomi terapan


# SAMUEKON
Ilmu ekonom adalah sebuah studi yang menganalisis kerugian dan keuntungan meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya






TIGA MASALAH ORGANISASI EKONOMI
Komoditi apa (what) yang harus diproduksi, dan berapa? Dengan perkataa  n lain, berapa banyak serta barang dan jasa mana yang harus dibuat? Dan kapan akan diproduksi? Haruskah sekarang kita memproduksi pizza atau kemeja? Memproduksi kemeja berkulitas tinggi dalam jumlah sedikit atau kemeja murah dalam jumlah banyak? Haruskah kita memproduksi barang konsumsi dalam jumlah banyak atau hanya sedikit barang konsumsi dan lebih banyak barang investasi?
Bagaimana komoditi harus diproduksi? Dengan perkataan lain, produksi ini dilakukan oleh siapa, dengan gabungan faktor produksi yang mana, serta teknik seperti apa? Siapakah yang harus bertani, dan siapa yang harus mengajar? Apakah tenaga listrik akan diperoleh dari minyak atau batu bara?B
Bagi siapa komoditi harus diproduksi? Siapakah yang akan menikmati dan memperoleh manfaat barang dan jasa di seluruh negeri? Atau dengan kata lain, bagaimana produk nasional didistribusikan kepada setiap orang? Haruskan pendapatan yang tinggi diterima oleh para manajer, para pekerja atau para tuan tanah?
Walaupun tiga masalah ini sangat mendasar dan umum terjadi pada berbagai pada semua corak perkonomian, tetapi berbagai sistem perkonomian yang berlainan selalu berusaha memecahkannya dengan cara yang berbeda.
Input dan Output
Dalam bahasa Ekonomi ketiga pilihan pokok Ekonomi yang harus diambil masyarakat pada dasarnya menyangkut berbagai input dan output yang terkandung dalam sebuah perkonomian.
Input meliputi segenap komoditi dan jasa yang digunakan aktor Ekonomi , misalnya perusahaan untuk menyelenggarakan proses produksi. Suatu perkonomian senantiasa mengkombinasikan teknologi yang dimiliki untuk mengkombinasikan berbagai input guna menghasilkan output.
Output itu sendiri adalah segenap barang dan jasa yang bermanfaat untuk konsumsi maupun untuk investasi (proses produksi berikutnya).
Kita contohkan dalam produksi Telur Dadar. Dalam proses ini, telur, minyak, garam, panas kompor, penggorengan dan keterampilan Koki yang membuatnya kita sebut sebagai input. Sedangkan outputnya adalah hidangan telur dadar yang siap disantap dan dijual.
Kita mengklarifikasikan input, yang juga sebagai faktor produksi, ke dalam tiga kelompok : lahan (land), tenaga kerja (labor), dan modal (capital).
Lahan (lebih umum lagi disebut sebagai sumber daya alam) merupakan pemberian alam bagi proses produksi kita. Faktor produksi ini macam ini terdiri dari lahan yang yang digunakan untuk pertanian atau perumahan, pabrik dan jalan raya. Sumber daya energi seperti bahan bakar dan sumber daya non-energi seperti besi, tembaga termasuk dalam sumber daya alam.
Tenaga kerja (labor) terdiri dari waktu yang dipergunakan oleh manusia dalam produksi seperti: bekerja, mengelola tanah, mengajar dan berbagai tingkat keahlian.
Sumber daya modal berbentuk barang-barang tahan lama (durable goods), yang diproduksi untuk digunakan sebagai alat untuk memproduksi barang-barang lain.
Perkonomian Pasar, Komando (terpimpin) dan Campuran
“Sistem Ekonomi menentukan bagaimana perkonomian suatu negara dijalankan”
Sebuah perkonomian komando (command economy) memberi wewenang kepada pemerintah untuk mengambil semua keputusan yang menyangkut soal produksi dan distribusi.
Dalam perkonomian pasar (market economy) individu dan perusahaan membuat keputusan-keputusan utama mengenai produksi dan konsumsi.
Dalam perkonomian Campuran (mixed economy) yang memiliki sebagian unsur perkonomian komando dan perkonomian pasar.
Sistem Ekonomi tersebutlah yang akan menjawab masalah apa, bagaimana, dan untuk siapa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar