Rabu, 17 Juli 2013

BERBAGAI INVESTOR YANG PERLU ANDA HINDARI.


Sebagian angel investor tidak sebaik yang Anda pikirkan. Karakter dan reputasi mereka belum tentu sesuai dengan apa yang mereka tampilkan. Dan ini bisa menjadi malapetaka untuk Anda, entrepreneur baru yang masih perlu banyak belajar.
Banyak entrepreneur yakin bahwa semua dana diciptakan setara. Asalkan seseorang mengenali ide brilian mereka dan memberikan suntikan dana, asal sumber dana bukan masalah. Sebagian besar angel investor memiliki niat tulus tetapi jangan lupa bahwa ada beberapa pengecualian yang bisa membuat Anda membayar lebih mahal dari hanya sekadar investasi. Berikut adalah penjelasan Marty Zwilling mengenai jenis-jenis investor yang patut Anda waspadai:

Shark angels
Anda tahu betapa ganasnya ikan hiu liar. Nah, inilah jenis investor yang paling jahat. Niat utamanya ialah terlibat dalam setiap tahap investasi untuk memanfaatkan apa yang mereka yakini sebagai pengalaman menggolkan kesepakatan investasi dan keterbatasan pendanaan. Mereka biasanya akan keluar begitu saja dari perjanjian jika prospek bisnis tidak lagi cerah.

Litigious angels
Investor jenis ini akan mencari alasan apapun untuk menyeret Anda ke pengadilan. Mereka tidak pernah sungguh-sungguh untuk berfokus pada laba yang bisa dihasilkan bisnis tetapi mencoba untuk menghasilkan uang dengan ancaman dan tuntutan hukum. Mereka tahu Anda tidak memiliki apa yang dibutuhkan untuk memukul mereka kembali jadi mereka menganggap Anda lemah dan tak berdaya. Selalu miliki seorang kuasa hukum yang bisa diandalkan.

Superior angels
Sejumlah pebisnis sukses, yang beberapa di antaranya menjadi angel investor, mengembangkan sebuah keyakinan bahwa mereka ditakdirkan untuk menjadi besar karena superioritas di atas orang lain. Mereka ini suka menekan secara emosional dengan cara yang negatif. Mereka suka mengkritisi setiap keputusan yang Anda buat. Jangan merasa terancam dan menjerumuskan Anda dalam keputusan yang Anda akan sesali seumur hidup.

Control freak angels
Angel jenis ini berperilaku seperti teman dekat kita. Begitu Anda diberikan pendanaan, ia akan menunggu hingga Anda mengalami kegagalan pertama dan lalu menjebak dengan klausa tertentu dalam perjanjian Anda, yang pada akhirnya akan memberikannya kendali lebih dalam bisnis Anda. Hal ini meningkat menjadi permintaan akan persyaratan bahwa ia harus masuk lebih dalam bisnis Anda agar mampu mengendalikan bisnis Anda sendiri. Hanya dewan direksi yang bisa menyelamatkan Anda di sini.

Tutorial angels
Investor jenis ini tidak ingin mengendalikan tetapi ia ingin membimbing Anda dalam setiap langkah. Tawaran bmbingan ini selalu terdengar manis di awal. Namun setelah mereka menulis cek, segera hal itu menjadi nyata. Keinginan mereka untuk menjadi pembimbing baik hati selama 24 jam per hari membuat Anda jengah. Awalnya rasa terima kasih Anda untuk investasi yang mereka berikan akan menerima toleransi tetapi akhirnya beban itu membuat Anda lelah. Mencoba untuk menjaga jarak adalah solusi terbaik.

Has-been angels
Investor ini cenderung muncul dengan berbagai macam pertanyaan yang kurang jelas arahnya. Mereka akan menemui Anda, mencecar dengan pertanyaan dan tidak pernah membicarakan arah yang akan dicapai setelah pembicaraan itu.

Dumb angels
Jika seseorang memiliki kekayaan, hal itu tak berarti mereka juga pasti bisa berbisnis. Anda bisa menemukan investor bodoh seperti ini dengan mengamati pertanyaan yang mereka tanyakan atau tidak tanyakan. Jika mereka menanyakan pertanyaan yang sangat dangkal atau menunjukkan ketidakpahaman terhadapa dunia bisnis. bisa dipastikan hubunga kerjasama bisnis yang bertahan lama tidak akan mampu terwujud dengan baik. Namun jangan lupa bahwa orang dengan kekayaan biasanya memiliki teman-teman yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan berbisnis yang andal.

Perantara yang berpura-pura sebagai investor
Orang-orang ini berkeliaran di mana-mana, seringkali mereka berpura-pura sebagai pengacara dan akuntan. Mereka tidak sungguh-sungguh bertujuan untuk berinvestasi dalam usaha Anda, dan pada akhirnya akan membuat Anda menandatangani sebuah perjanjian pembayaran jasa untuk membayar usaha mereka agar Anda bisa bertemu investor yang sesungguhnya. Perantara seperti ini memang sering berguna untuk mengantarkan kita pada investor yang sesungguhnya, tetapi jangan sampai kita keliru menganggapnya sebagai investor sejati.

Bagaimana Anda bisa menghindari semua jenis investor kurang benar seperti di atas? Jika memungkinkan, hanya terima investasi dari individu-individu dalam sebuah perkumpulan investasi yang profesional dan kredibel. Tanyakan apa yang perusahaan lainnya telah investasikan dan bicaralah kepada CEO perusahaan itu untuk menemukan investor jenis apakah yang mereka telah lakukan selama ini.

Jangan lupa pastikan kuasa hukum Anda menulis dokumen atau lembar persyaratan investasi terlebih dahulu. Dokumen ini akan menjadi standar untuk semua investor Anda dan tidak dirundingkan satu persatu. Waspadalah dengan upaya-upaya untuk menambah kluasa yang bisa merugikan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar